Selasa, 28 Juli 2009

Mengetahui Arti Suara (Beep) Saat Booting




Pada saat kita menyalakan komputer maka akan terdengar suara yang keluar dari speaker internal casing yang terhubung ke motherboard. Suara ini biasa dinamai dengan Beep. Suara yang dikeluarkan bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi komputer saat itu. Dengan mengetahui arti dari suara (beep) saat booting maka secara otomatis kita dapat mengetahui kondisi komputer. Tapi tahukah anda arti dari suara-suara beep tersebut?

Secara mudahnya suara beep ini ada 2 macam yakni beep panjang dan beep pendek. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Beep pendek 1X = Komputer berjalan dengan normal
  • Beep pendek berulang-ulang = Ada permasalahan pada Motherboard. Kita bisa memeriksa kondisi motherboard, mengecek perangkat hardware yang terpasang ke motherboard, memeriksa semua kabel data, kabel power dan sebagainya.
  • Beep panjang 1X = Ada permasalahan pada Memori.
  • Beep panjang 1X yang diikuti dengan beep pendek 3X = Ada permasalahan pada VGA Card / Kartu Grafis. Periksa VGA Card dari beberapa kemungkinan seperti kurang terpasang dengan benar ke soket nya, bagian bawah VGA (yang berwarna keemasan) kotor, mencoba VGA Card milik orang lain ke motherboard kita dan sebagainya.
  • Tidak ada suara sama sekali = Tidak dapat dipastikan bagian mana dari perangkat hardware yang mengalami masalah. Jika ini terjadi maka kita bisa memeriksa seluruh bagian dari perangkat hardware, membongkar semua isi casing lalu dipasangkan kembali dengan benar. Alangkah baiknya sebelum dipasang, kita bersihkan dahulu dari debu yang menempel.

Dengan mengetahui arti dari suara beep diatas maka proses pendeteksian dan permasalahan komputer dapat diketahui sejak dini.

Tidak ada komentar:

Koleksi Video Striming

Loading...